News

Tertarik Mencoba Pilates Tapi Bimbang Karena Anda Pemula? Simak Penjelasan Berikut!

Tertarik Mencoba Pilates Tapi Bimbang Karena Anda Pemula? Simak Penjelasan Berikut!

 

 

 

 

Selalu ada pertama kali untuk segala sesuatu. Sejak era pandemi Covid-19, minat terhadap kesehatan mulai berkembang pesat. Pilates pun menjadi salah satu opsi program kebugaran yang mulai diminati. Apabila anda juga sedang tertarik untuk mencoba Pilates namun masih ragu-ragu mengenai bagaimana harus memulai, apakah Pilates cocok untuk anda dan apa saja yang perlu diketahui serta dipersiapkan, maka untuk andalah tulisan ini dibuat. Simak beberapa poin-poin penjelasan berikut.

 

 

Apa itu Pilates dan Manfaatnya?

 

Secara singkat, Pilates adalah salah satu olahraga dan terapi gerakan low-impact yang berfokus pada penguatan otot, perbaikan postur dan fleksibilitas. Selain karena fokus yang sudah disebutkan berikut, Pilates juga terkenal dengan hasil otot terbentuk karena latihannya yaitu long and lean muscle, berbanding terbalik dengan hasil otot yang terbentuk oleh latihan di gym yaitu short and bulk muscle. Ini menjadi sebuah faktor penting terutama bagi kaum wanita, yang ingin tampak bugar namun tetap terlihat ramping. 

 

Perbaikan postur juga menjadi salah satu nilai jual yang tinggi untuk Pilates. Postur yang baik merupakan hasil dari alignment tubuh yang baik disertai dengan kekuatan otot core yang baik. Latihan Pilates menitikberatkan fokus pada penguatan otot core, meningkatkan fleksibilitas, dan aligntment postur melalui setiap gerakannya. Fokus ini yang akan membantu menyeimbangkan koordinasi tubuh dan menghilangkan muscle imbalance sehingga menjaga postur tubuh yang baik saat duduk maupun berdiri.

 

Terdapat beberapa manfaat lain yang akan sangat panjang jika dijabarkan melalui tulisan ini seperti, penguatan otot core, memperbaiki kualitas hidup, kualitas seks, memperbaiki kualitas tidur dan manfaat-manfaat lainnya. Anda dapat membaca secara lengkap mengenai Pilates dan manfaatnya melalui tulisan kami sebelumnya dengan mengklik link berikut.

 

 

Apakah Pilates Bisa Untuk Pemula?

 

Ini adalah sebuah pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh orang yang belum pernah melakukan Pilates, kemungkinan karena stigma yang beredar di masyarakat dan postingan di sosial media bahwa untuk melakukan Pilates dibutuhkan tingkat fleksibilitas yang sudah baik, bentuk tubuh yang ideal serta otot core yang kuat. Jawaban sederhana dari pertanyaan ini, karena memang sesederhana itu, Pilates dapat dilakukan oleh siapa saja! Pilates dapat dilakukan oleh pemula maupun pesenam profesional, dapat dilakukan oleh anak kecil sampai yang sudah lanjut usia, dapat dilakukan oleh pria maupun wanita. 

 

Setiap gerakan Pilates dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan tubuh anda, sehingga anda tidak perlu khawatir apabila anda merasa tidak pernah berolahraga sebelumnya atau karena memiliki tubuh yang tidak fleksibel. Instruktur Pilates yang sudah bersertifikasi juga telah diperlengkapi dengan kemampuan untuk memberikan program yang sesuai. Pastikan instrukturmu memiliki sertifikasi yang diakui, bahkan secara internasional seperti STOTT Pilates.

 

 

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai?

 

Selain dari kemauan yang kuat untuk memulai, pada dasarnya tidak banyak yang perlu dipersiapkan untuk memulai dan di era digital saat ini, studio Pilates yang akan anda kunjungi akan memberikan panduan mengenai apa saja yang diperlukan saat sesi Pilates pertama anda. Namun untuk membantu anda meneguhkan keputusan memulai, ini beberapa hal yang bisa anda persiapkan sebelum memulai:

 

  • Pilih Studio Pilates dan Membeli Sesi

 

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah memilih studio Pilates yang tepat untuk anda dan membeli sesi. Umumnya sesi akan bervariasi mulai dari 1x pertemuan, paket 5 pertemuan, 10 pertemuan atau paket group class. Kami menyarankan untuk mengambil sesi privat, sehingga anda dapat dibimbing secara personal dari dasar oleh instruktur Pilates yang akan memberikan program menyesuaikan dengan kemampuan anda. Apabila anda ingin mengetahui tips-tips untuk memilih studio Pilates yang tepat, anda dapat membaca tulisan kami melalui link berikut.

 

  • Gunakan Pakaian Olahraga yang Nyaman

 

Latihan Pilates cukup banyak dilakukan dalam posisi terlentang, oleh karena itu hindari pakaian yang kurang nyaman dipakai dalam posisi tersebut seperti adanya simpul, sleting atau kancing. Gunakan juga pakaian olahraga yang nyaman digunakan untuk stretching atau melakukan gerakan-gerakan fleksibilitas agar gerakan dapat dilakukan dengan maksimal. Sebagai tips tambahan, hindari juga menggunakan baju yang terlalu longgar agar instruktur dapat melihat dengan jelas postur anda ketika melakukan sebuah gerakan dan dapat memberikan koreksi.

 

  • Siapkan kaos kaki Pilates

 

Umumnya, Pilates dilakukan tanpa sepatu baik dengan kaki telanjang atau menggunakan kaos kaki. Siapkanlah kaos kaki yang tidak licin atau dapat melakukan grip ke lantai ( Pilates socks / grip socks ), untuk memastikan anda tidak tergelincir saat melakukan gerakan-gerakan Pilates.

 

  • Tonton Video Pilates di Rumah ( Opsional )

 

Bagi pemula atau orang yang belum pernah melakukan Pilates, tentu akan terdapat kosakata yang akan cukup asing didengar. Menonton beberapa video instruksi latihan Pilates sederhana di rumah akan membantu anda untuk mengerti instruksi dari instruktur Pilates anda. Tentunya ini hanya menjadi sebuah pilihan opsional, karena instruktur anda akan dengan senang hati menjelaskan dan membimbing anda dari awal. Namun, apabila anda memilih untuk mengikuti Group Class, ini akan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk memulai dengan sesi privat bersama instruktur.

 

  • Datang 15 menit lebih cepat

 

Anda akan membutuhkan waktu untuk bersiap-siap sebelum sesi, seperti melakukan absensi dengan front office, mengganti pakaian menjadi pakaian olahraga, mengikat rambut, memasukkan tas dan barang lainnya ke loker, menggunakan kaos kaki Pilates dan hal lainnya. Datanglah 15 menit lebih cepat untuk mempersiapkan diri anda, sehingga latihan tidak diawali dengan terburu-buru.

 

Itulah hal-hal dasar yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan latihan Pilates. Persiapan-persiapan lainnya akan anda ketahui seiring berjalannya waktu, tidak perlu khawatir!

 

 

Apa yang Akan Didapatkan Pada Sesi Pertama?

 

Tergantung dari jenis sesi Pilates apa yang anda ikuti, group class atau sesi privat, dan instruktur yang anda pilih, tentunya akan memiliki program yang berbeda. Tapi, ada beberapa dasar yang umumnya akan diberikan pada anda melalui sesi pertama apabila anda mengambil sesi privat, yaitu:

 

  • Aligning Goals

 

Instruktur anda akan menanyakan tujuan anda melakukan Pilates, level pengetahuan dan pengalam anda di dunia Pilates, serta hasil akhir yang diharapkan. Hal ini akan menentukan program Pilates seperti apa yang akan diberikan oleh instruktur anda supaya tujuan tersebut dapat tercapai.

 

  • Body Assessment

 

Kemudian instruktur akan melakukan assessment singkat terhadap kondisi tubuh anda saat ini, apakah ada postur yang kurang baik atau limitasi di area-area tertentu. Instruktur anda juga mungkin akan menanyakan apakah ada sakit atau keluhan lainnya di tubuh anda.

 

  • Prinsip Dasar Pilates

 

Untuk anda yang belum pernah melakukan Pilates, instruktur anda akan menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti mengenai prinsip-prinsip dasar Pilates dan teknik-teknik yang diperlukan seperti cara bernafas, pelvic placement dan lainnya. Umumnya ini akan dilakukan bersamaan dengan warm-up.

 

  • Warm Up

 

Setiap sesi Pilates, baik pemula maupun yang sudah profesional, akan diawali dengan sesi warm-up untuk mempersiapkan tubuh anda sebelum melakukan latihan Pilates dan menghindarkan anda dari cedera atau kram otot. 

 

  • Latihan Pilates Dasar

 

Kemudian, instruktur akan mulai memperkenalkan anda kepada latihan-latihan Pilates dengan gerakan-gerakan dasar yang cocok untuk pemula dan juga disesuaikan dengan kemampuan dan tujuan semula anda. 1 sesi Pilates, biasanya akan berdurasi 50 menit sampai 1 jam sudah termasuk warm-up, exercise dan stretching.

 

  • Stretching

 

Sebagaimana diajarkan di setiap cabang olahraga, penting bagi kita melakukan stretching seusai latihan untuk membiarkan tubuh cooling-down dan membantu menurunkan detak jantung. Stretching juga membantu menghentikan produksi asam laktat sehingga muscle recovery dapat terjadi dengan baik.

 

 

Bagaimana Cara Memulai?

 

Apabila anda sudah semakin yakin untuk mencoba Pilates, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari studio Pilates terbaik di area yang masih dapat dijangkau oleh anda. Anda dapat juga melihat tulisan kami sebelumnya mengenai cara memilih studio Pilates yang cocok untuk anda melalui link berikut. Apabila anda berdomisili di daerah Jakarta Selatan dan sekitarnya, Vitruvian dapat menjadi salah satu pilihan studio pilates di Jakarta yang tepat untuk anda. Di Vitruvian anda akan didampingi oleh 1 instruktur untuk setiap orang, dimana instruktur Vitruvian sudah bersertifikasi STOTT Pilates yang diakui secara internasional dan kualitasnya sudah terjamin. Apabila anda tertarik, hubungi kami melalui link berikut.

 

 

Kesimpulan

 

Demikian tibalah kita di ujung tulisan kali ini, sebagai kesimpulan Pilates dapat dilakukan oleh siapa saja, terutama untuk pemula, karena semua berawal dari seorang pemula. Pilates adalah olahraga yang dapat dimodifikasi sesuai dengan tingkat kemampuan anda, sehingga siapa saja bisa merasakan manfaat dari melakukan latihan Pilates. Asalkan ada kemauan, hal-hal lain mengenai apa yang perlu dipersiapkan dan apa yang akan anda dapatkan pada sesi Pilates akan berjalan dengan mudah seiring waktu. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan meskipun anda adalah seorang pemula. Sampai berjumpa di Vitruvian atau di lain kesempatan!

 

Related News

Oct

26

Pilates vs Yoga, Mana Yang Lebih Cocok Untukmu? Cek 5 Perbedaan Mendasar Berikut!

Pilates vs Yoga, Mana Yang Lebih Cocok Untukmu? Cek 5 Perbedaan Mendasar Berikut!

Pilates vs Yoga, mana yang lebih cocok untukmu? Cek 5 perbedaan mendasar berikut!   &...

Sep

06

7 Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan Saat Memilih Fisioterapis di Sekitar Anda

7 Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan Saat Memilih Fisioterapis di Sekitar Anda

7 Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan Saat Memilih Fisioterapis di Sekitar Anda   &nbsp...

Aug

15

Merasakan sensasi POP pada lutut? Kenali Cedera ACL dan 6 gejalanya!

Merasakan sensasi POP pada lutut? Kenali Cedera ACL dan 6 gejalanya!

MERASAKAN SENSASI POP PADA LUTUT? KENALI CEDERA ACL DAN 6 GEJALANYA     Ceder...