News

Jangan Salah Memilih! Ini 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Studio Pilates

Jangan Salah Memilih! Ini 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Studio Pilates

 

Memilih studio Pilates yang tepat memiliki peranan besar terhadap perjalanan Pilatesmu untuk mengejar tujuan kebugaranmu. Beragam faktor seperti tingkat kenyamanan selama latihan di studio Pilates, pengetahuan dan kemampuan Instruktur untuk memberikan program yang efektif, ragam layanan yang ditawarkan oleh Studio Pilates terkait dan faktor-faktor lainnya akan secara langsung mempengaruhi kualitas latihan Pilatesmu. Baik anda memilih satu studio Pilates karena hasil rekomendasi dari kerabat atau keluarga, maupun anda sedang menimbang-nimbang sendiri kelebihan antara 1 studio dengan studio lainnya, ini adalah 7 hal yang perlu diperhatikan saat memilih studio Pilates yang tepat untuk menunjang kualitas latihan Pilatesmu. 

 

 

Instruktur Berkualitas


Sebuah studio Pilates tidak lebih dari sebuah tempat yang dikelilingi oleh cermin dengan beberapa alatnya tanpa kehadiran seorang instruktur Pilates. Jiwa dan kualitas dari sebuah studio Pilates terletak pada instrukturnya. Oleh karena itu kualitas Instruktur menjadi faktor pertama dan utama yang akan dibahas dalam memilih sebuah studio Pilates. Apa saja yang menentukan kualitas seorang Instruktur? 

 

  • Bersertifikasi

 

Walaupun tidak secara pasti menjamin kualitas seorang instruktur dalam mengajar, tapi sebuah sertifikat merupakan bukti paling dasar bahwa instruktur telah mengikuti pelatihan yang terstruktur. Pilihlah instruktur dengan sertifikasi pelatihan Pilates yang diakui seperti STOTT PILATES yang selain mengajarkan instruktur mengenai gerakan Pilates tapi juga membekali dengan dasar ilmu Pilates, cara membuat program sesuai kebutuhan client dan cara memberikan instruksi yang baik saat mengajar.

 

  • Pengalaman Mengajar


Dalam bidang jasa, dimana Pilates merupakan salah satunya, jam terbang yang tinggi dalam mengajar mengasah kemampuan seorang instruktur untuk memberikan yang terbaik bagi Client. Dengan banyaknya contoh kasus yang sudah pernah ditangani, ragam tujuan client ketika memutuskan untuk melakukan Pilates, serta cara berkomunikasi yang berbeda untuk setiap orang akan menjadi nilai plus bagi instruktur itu sendiri.  

 

  • Deep Knowledge


Selain mengambil sertifikasi pelatihan Pilates, salah satu faktor yang dapat dijadikan pertimbangan adalah pengetahuan instruktur tersebut secara mendalam tentang anatomi dan cara kerja tubuh manusia. Anda dapat menilainya dari sertifikasi-sertifikasi selain Pilates yang dimiliki oleh sang Instruktur.

 

  • Cara Mengajar dan Berkomunikasi


Walaupun ini tidak dapat dilihat sebelum anda mencoba secara langsung, tapi beberapa studio Pilates menawarkan program Free Trial sebelum anda memutuskan untuk membeli paket sesi. Cara mengajar dan berkomunikasi yang baik akan memberikan kenyamanan dan meningkatkan efektivitas saat anda melakukan latihan Pilates.

 

  • Kemampuan Assessment


Inilah alasan utama anda memilih seorang private instructor, karena kemampuan mereka untuk tidak hanya sekedar menginstruksikan gerakan Pilates, melainkan menciptakan program latihan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan tubuh anda. Kualitas instruktur dalam menciptakan program ini didasari oleh kemampuannya dalam melakukan assessment.

 

  • Passion terhadap Pilates


Hampir dijamin, passion akan menciptakan kualitas. Dengan passion, seseorang akan mengerahkan sejumlah waktu, tenaga, uang dan effort untuk menekuni passionnya ini. Seorang instruktur yang menjadikan Pilates sebagai passion hidupnya akan membawa anda masuk ke dalam kehidupan dan kecintaannya terhadap Pilates.

 

 

Kelengkapan Studio

 

Faktor kedua yang harus dipertimbangkan dalam memilih studio Pilates adalah kelengkapan alat dan fasilitas yang disediakan untuk menunjang latihan Pilatesmu. Mulai dari kelengkapan alat-alat yang berhubungan langsung dengan latihan Pilates anda, maupun alat dan fasilitas yang menunjang kenyamanan anda selama berada di studio. Berikut beberapa checklist kelengkapan yang dibutuhkan oleh sebuah Studio Pilates :

 

  1. Matras Pilates

  2. Peralatan Besar Pilates (Reformer, Cadillac, Stability Chair, Barrel, dll)

  3. Props Pilates (Stability Ball, Cushion, Foam Roller, Resistance Band, dll)

  4. Peralatan olahraga lainnya

  5. Tempat latihan yang cukup luas, sejuk dan memadai

  6. Kamar Mandi / Toilet (Shower menjadi nilai plus)

  7. Cermin yang dapat digunakan saat latihan

  8. Handuk baru

  9. Ruang ganti

  10. Ruang tunggu

  11. Loker barang

  12. Dispenser air

  13. Hand sanitizer, sarung tangan dan masker

  14. Pembersih alat

  15. Speaker

  16. Tempat parkir yang cukup luas

 

Walaupun tidak semua dari checklist di atas merupakan kebutuhan yang esensial terutama saat anda baru memulai, namun seiring berjalannya waktu, cepat atau lambat anda akan berharap semua checklist di atas dapat terpenuhi oleh studio tempat anda berlatih. Jadi, kenapa tidak memilih studio yang nyaman sejak semula?

 

 

Paket Yang Ditawarkan

 

Ketika anda mengunjungi sebuah studio Pilates, anda akan ditawarkan beberapa jenis paket dan layanan yang disediakan oleh studio tersebut. Studio Pilates yang cukup besar pada umumnya menyediakan pilihan private session, duet, atau group class. Untuk studio Pilates yang tidak terlalu besar biasanya hanya menyediakan private atau duet apabila jumlah alat memungkinkan. Terdapat masing-masing keunggulan dan kekurangan dari 3 jenis paket tersebut, yang secara detail akan dibahas di lain kesempatan.

 

Selain dari pilihan jenis latihan, tergantung dari jumlah instruktur studio Pilates tersebut, biasanya terdapat pilihan level instruktur yang dibedakan berdasarkan kemampuan, lamanya mengajar serta jumlah pengetahuan dan pelatihan yang sudah diikuti. Kembali sesuaikan dengan kebutuhanmu, tapi tidak ada yang salah dengan memilih instruktur “junior” untuk memulai perjalananmu bersama Pilates.
 

 

Lokasi Studio

 

Sama halnya dengan fasilitas olahraga lainnya seperti gym, lokasi akan sangat membantu anda untuk tetap konsisten dengan komitmen yang sudah anda buat saat pertama memulai latihan Pilates. Perjalanan yang jauh, kemacetan, jarak tempuh yang lama sangat berpotensi menimbulkan rasa malas sehingga hasil yang didapatkan dari latihan Pilates jadi tidak atau kurang maksimal.

 

Apabila anda berlokasi di Jakarta Selatan atau sekitarnya, Vitruvian telah membuka 3 Studio Pilates Jakarta Selatan yang bertepatan di Pondok Indah, Kertanegara dan Kuningan. Apabila anda tertarik untuk berkonsultasi dengan instruktur, melihat-lihat terlebih dahulu atau mencoba FREE Trial Pilates, anda dapat menghubungi kami melalui link berikut!

 

 

Harga

 

Secara natural, tanpa perlu diingatkan, harga akan menjadi salah satu faktor yang penting saat memilih sebuah studio Pilates. Sebuah prinsip terkenal mengenai harga yang perlu diingat adalah, “ada harga, ada kualitas”. Demikian halnya dengan mempertimbangkan harga dari sebuah studio Pilates. Secara umum, berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga dari sebuah studio Pilates:

 

  • Kualitas, ukuran dan kelengkapan studio 

  • Level instruktur 

  • Jenis paket 

  • Lokasi studio 

  • Metode lain yang tersedia 

 

Sesuaikan semua hal yang mempengaruhi harga ini dengan budget anda, dengan sesedikit mungkin mengorbankan faktor-faktor yang esensial seperti kualitas instruktur dan kelengkapan studio karena akan berpengaruh langsung terhadap tujuan utama anda melakukan latihan Pilates.


 

Suasana Studio

 

Faktor suasana studio tidak dapat didikte menjadi poin-poin persis, karena setiap orang punya preferensinya masing-masing. Setiap studio memiliki suasana atau “vibe” yang berbeda dimana biasanya dipengaruhi oleh musik, warna, pencahayaan, keramaian, desain interior, suasana komunikasi dan banyak hal lainnya. Ada beberapa orang yang merasa nyaman apabila suasana studio cukup sepi dan musik hanya bervolume kecil, tapi ada juga yang lebih nyaman apabila suasana studio meriah dengan musik yang cukup terdengar. Jadi saat akan memilih sebuah studio Pilates, buatlah janji untuk melakukan tour keliling studio di jam-jam produktif dan perhatikan bagaimana suasana studio ketika latihan. Pilihlah suasana yang cocok dengan preferensimu agar sesi latihanmu selalu nyaman.


 

Ketersediaan Metode Lain

 

Mungkin ini menjadi sebuah pertanyaan, kenapa metode lain menjadi syarat memilih studio Pilates? Tubuh manusia kompleks dan sangat beragam. Berdasarkan pengalaman di Vitruvian, tujuan client datang dan memulai latihan Pilates pun bervariasi, seperti ingin mencapai body goals, memperbaiki postur, ingin kurus, dan ada juga alasan-alasan lain seperti ada rasa nyeri di bagian tubuh tertentu, hanya ingin berolahraga, atau ada limited range of motion di beberapa sendi. Untuk tetap dapat memberikan yang terbaik, instruktur-instruktur di Vitruvian terus melakukan pembaharuan ilmu dan senantiasa mempelajari metode-metode lain yang dinilai dapat membantu lebih banyak lagi kasus yang dimiliki oleh client.

Berdasarkan pengalaman ini lah, kami memasukkan faktor “ketersediaan metode lain” sebagai salah satu alasan yang penting ketika memilih sebuah studio Pilates. Karena kami percaya yang terpenting adalah tujuan akhirnya, bukan caranya. Pilates adalah salah satu cara yang sangat baik, namun apabila ada metode lain yang bisa secara efektif dilakukan beriringan dengan Pilates untuk mencapai tujuan kebugaranmu, kenapa tidak? 

 

 

Kesimpulan 

 

Sebagai kesimpulan, 7 faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih studio Pilates di antaranya adalah kualitas instruktur, kelengkapan studio, variasi paket yang ditawarkan, lokasi studio, harga paket yang ditawarkan, suasana saat di studio, dan metode lain selain Pilates yang disediakan untuk menunjang kebutuhan fisikmu. Latihan Pilates membutuhkan komitmen agar dapat memberikan hasil yang maksimal, oleh karena itu pastikan segala kebutuhan yang menunjang kenyamanan anda berlatih tersedia. 

Vitruvian adalah studio Pilates pertama di Indonesia, saat ini kami memiliki 3 cabang studio Pilates di Jakarta Selatan. Apabila anda tertarik untuk melihat-lihat terlebih dahulu atau berkonsultasi mengenai 7 faktor di atas, dapat menghubungi tim kami disini.

Sampai berjumpa di Vitruvian, salam sehat!

Related News

Aug

15

Merasakan sensasi POP pada lutut? Kenali Cedera ACL dan 6 gejalanya!

Merasakan sensasi POP pada lutut? Kenali Cedera ACL dan 6 gejalanya!

MERASAKAN SENSASI POP PADA LUTUT? KENALI CEDERA ACL DAN 6 GEJALANYA     Ceder...

Mar

15

Nyeri di Pergelangan Tangan? Kenali 4 Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Nyeri di Pergelangan Tangan? Kenali 4 Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Nyeri di Pergelangan Tangan? Kenali 4 Gejala Carpal Tunnel Syndrome   Apabila anda merasa...

Mar

02

Kenali Olahraga Pilates dan 8 Manfaatnya Untuk Tubuhmu

Kenali Olahraga Pilates dan 8 Manfaatnya Untuk Tubuhmu

Kenali Olahraga Pilates dan 8 Manfaatnya Untuk Tubuhmu       Besar ke...