News

7 Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan Saat Memilih Fisioterapis di Sekitar Anda

7 Hal Yang Wajib Anda Pertimbangkan Saat Memilih Fisioterapis di Sekitar Anda

 

 

Cedera, rasa sakit atau masalah pada tubuh dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan kepada siapa saja yang akan mempengaruhi aktivitas kita sehari-hari dan memperburuk kualitas hidup. Anda tentu tidak akan menunda solusi untuk masalah ini, dan fisioterapi merupakan salah satu opsi atau rujukan yang sedang anda pertimbangkan. Mencari fisioterapis yang tepat untuk menyelesaikan masalah anda menjadi sebuah faktor penting terhadap seberap efisien dan efektif penanganan yang akan diterima. Oleh karena itu, tulisan hari ini akan membahas beberapa faktor yang wajib anda pertimbangkan dalam mencari fisioterapis yang tepat untuk anda. 

 

 

Kualifikasi

 

Faktor pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih fisioterapis adalah kualifikasi yang dimiliki baik oleh fisioterapis itu sendiri maupun klinik yang bersangkutan. Pastikan fisioterapis yang anda pilih memenuhi syarat untuk melakukan praktik fisioterapi seperti memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) yang aktif, telah menempuh pendidikan minimal D3 Fisioterapi dan kualifikasi tertulis untuk menggunakan metode-metode yang akan diterapkan pada sesi Fisioterapi. Selain kualifikasi fisioterapis, klinik fisioterapi yang anda pilih juga harus merupakan klinik yang terpercaya dan legal secara hukum untuk menjamin kualitas terapi yang diberikan dan menghindarkan anda dari malpraktik.

 

 

Reputasi

 

Kualifikasi saja terkadang tidak cukup untuk menjamin kualitas. Anda perlu mempertimbangkan reputasi klinik serta fisioterapis di mata masyarakat dan pasien-pasien yang sudah pernah melakukan terapi bersama fisioterapis tersebut. Walaupun reputasi tidak serta merta menjadi sebuah kepastian kualitas fisioterapis, tapi testimoni atau ulasan dari pasien umumnya lebih dapat dipercaya karena sudah dialami sendiri. Reputasi ini dapat anda cari melalui beberapa sumber seperti review google, sosial media atau bertanya pada rekan yang sudah pernah melakukan terapi bersama fisioterapis tersebut. Pastikan anda tidak terkecoh dengan ulasan palsu atau yang sengaja direkayasa demi kepentingan sepihak. Ulasan yang baik biasanya akan disertai dengan cerita mengenai proses sebelum dan sesudah melakukan terapi di klinik fisioterapi tersebut.

 

 

Spesialisasi

 

Apabila anda memiliki kasus yang cukup serius dan membutuhkan penanganan yang lebih profesional, tentu akan lebih baik apabila anda memilih fisioterapis yang memiliki ilmu penanganan terspesialisasi. Seperti layaknya perbedaan antara dokter umum dan dokter spesialis, kemampuan fisioterapis yang mendalami salah satu bidang tertentu akan memberikan hasil yang lebih efektif. Sesuaikan hal ini dengan kebutuhan dan budget anda, karena tentunya biaya fisioterapis yang sudah lebih terspesialisasi akan lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lebih umum.

 

 

Metode Penanganan yang Digunakan

 

Setiap klinik dan fisioterapis akan memiliki metode penanganan yang berbeda-beda meskipun untuk satu kasus yang sama. Setiap fisioterapis akan memiliki pertimbangannya tersendiri berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dan pengalamannya dalam menangani pelbagai kasus client yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu metode apa yang akan digunakan dan efektifitasnya. Sebagai contoh, untuk memperbaiki postur tulang belakang, ada fisioterapis yang menggunakan chiropractic untuk memberikan hasil yang instan, namun ada juga fisioterapis yang menggunakan pendekatan lain seperti redcord untuk memperbaiki postur sekaligus memperkuat otot-otot yang menyokongnya. Setiap metode akan memberikan hasil yang berbeda, jadi lakukanlah sedikit penelitian di google atau sumber lain sebelum memutuskan ya! 

 

 

Lokasi

 

Sesi fisioterapi, tergantung pada seberapa parah kondisinya, umumnya akan memerlukan lebih dari 1 sesi. Karena itu, faktor lokasi akan memiliki peran yang cukup penting dalam memudahkan anda memenuhi seluruh jadwal kunjungan yang disarankan oleh fisioterapis anda. Pilihlah klinik fisioterapi yang dekat dan terjangkau dari domisili anda saat ini dengan tetap mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti yang dijelaskan melalui tulisan ini. Apabila anda berdomisili di Jakarta Selatan, Vitruvian sudah memiliki 2 cabang klinik fisioterapi dekat anda yang dapat dikunjungi. Apabila anda membutuhkan jasa fisioterapi, dapat menghubungi kami melalui link ini.  

 

 

Ketersediaan Jadwal

 

Klinik fisioterapi dan fisioterapis dengan reputasi baik akan menarik lebih banyak pasien yang ingin berkonsultasi dan memiliki sesi fisioterapi dengan fisioterapis tersebut. Apabila fisioterapis atau klinik fisioterapi tersebut dapat dikategorikan “overload”, maka ini akan menyulitkan anda untuk mengambil sesi fisioterapi lanjutan. Pertimbangkan ketersediaan jadwal fisioterapis anda saat berkonsultasi untuk memastikan efektifitas proses penyembuhan yang anda lakukan.

 

 

Biaya

 

Biaya adalah faktor terakhir yang akan dibahas di kesempatan kali ini, dimana mungkin untuk sebagian besar orang termasuk salah satu faktor yang sangat penting. Walaupun memang kami lebih setuju dengan perkataan kesehatan lebih berharga daripada uang, namun kesesuaiian antara layanan kesehatan terbaik dengan budget yang siap anda keluarkan tetaplah penting. Carilah fisioterapis dan klinik fisioterapi sesuai kesanggupan anda, tapi ingat 1 hal, jangan mengorbankan kualitas demi kuantitas, karena yang sedang dipertaruhkan adalah kesehatan tubuh anda. 

 

 

Kesimpulan

 

Demikian 7 faktor yang perlu anda pertimbangkan saat memilih klinik fisioterapi dan fisioterapis yang tepat untuk anda. Dimulai dari mempelajari kualifikasi dan spesialisasi yang dimiliki oleh fisioterapis, kemudian ketahui reputasi serta metode yang digunakan oleh klinik dan fisioterapis tersebut, dan terakhir menyesuaikan jarak lokasi, ketersediaan jadwal dan biaya untuk memastikan proses penyembuhanmu berlangsung dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. 

 

 

Penutup

 

Vitruvian adalah klinik fisioterapi dan pusat gerakan yang terintegrasi (Physiotherapy Clinic and Integrated Movement Center). Apabila anda berlokasi di Jakarta Selatan dan sekitarnya, Vitruvian dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk layanan fisioterapi dekat anda. Fisioterapis kami sudah memiliki STR Fisioterapi yang aktif, dan dilengkapi dengan sertifikasi yang diakui secara internasional untuk layanan-layanan fisioterapi lain seperti Redcord Neurac, Indiba, Dry Needling, ATSI, dan banyak metode lain yang akan menunjang kebutuhan anda. Apabila anda tertarik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dapat menghubungi tim Front Office kami melalui link berikut. Sampai jumpa di Vitruvian! 

Related News

Oct

26

Pilates vs Yoga, Mana Yang Lebih Cocok Untukmu? Cek 5 Perbedaan Mendasar Berikut!

Pilates vs Yoga, Mana Yang Lebih Cocok Untukmu? Cek 5 Perbedaan Mendasar Berikut!

Pilates vs Yoga, mana yang lebih cocok untukmu? Cek 5 perbedaan mendasar berikut!   &...

Sep

16

Tertarik Mencoba Pilates Tapi Bimbang Karena Anda Pemula? Simak Penjelasan Berikut!

Tertarik Mencoba Pilates Tapi Bimbang Karena Anda Pemula? Simak Penjelasan Berikut!

Tertarik Mencoba Pilates Tapi Bimbang Karena Anda Pemula? Simak Penjelasan Berikut!   &nb...

Aug

15

Merasakan sensasi POP pada lutut? Kenali Cedera ACL dan 6 gejalanya!

Merasakan sensasi POP pada lutut? Kenali Cedera ACL dan 6 gejalanya!

MERASAKAN SENSASI POP PADA LUTUT? KENALI CEDERA ACL DAN 6 GEJALANYA     Ceder...